Berfungsi menyimpan data atau informasi dan mempunyai sifat penyimpanan data atau informasi secara permanen atau tetap. Media penyimpanan data yang paling banyak digunakan adalah sebagai berikut :

FDD (Floppy Disk Drive)

Floppy Disk Drive adalah alat untuk menulis dan membaca data yang kecil yang disimpan di disket, ukuran floppy yang digunakan saat ini adalah 3 1/2 inchi. Alat ini mempunyai sebuah head ang bergerak membaca seluruh daerah disket, karena seluruh pembacaan agak lambat. Konektor FDD dan kabelnya adalah 34 pin.

HDD (Harddisk Drive)

Harddisk adalah perangkat penyimpanan data yang bersifat eksternal yang dihubungkan dengan kabel penghubung dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar, cara kerja harddisk hampir sama dengan cara kerja floppy yaitu menggunakan head atau alat pemabaca mekanik yang memerlukan gerakan fisik. Hanya saja harddisk mempunyai beberapa piringan dan beberapa head sehingga proses pembacaan lebih cepat. Konektor dan kabel  HDD adalah 40 pin.

Disk Drive

Disk Drive adalah salah saatu bentuk alat yang menggunakan teknologi laser dengan metode WORM (ditulis sekali dibaca berulang kali, yang terbuat dari resin dan dilapisi permukaan yang reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang – lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang – lubang tersebut kemudian terrefleksi dan dideteksi oleh foto sensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Contoh Disk Drive adalah CD – ROM dan DVD – ROM.