Berdasarkan letaknya memory dibedakan menjadi internal memory dan external memory.

  • Memory Internal lebih dikenal dengan istilah ROM (Read Only Memory) dan biasanya sudah terpasang dalam motherboard. Sifat dari memory ini adalah non volatile (media penyimpanan yang bersifat permanent). Contoh ROM adalah BIOS.
  • Memory external lebih dikenal dengan istilah RAM (Random Acces Memory). Sifat dari memory ini adalah volatile (media penyimpanan yang bersifat sementara).
  • Ada beberapa tipe RAM, diantaranya adalah DRAM (Dynamic Random Acces Memory), EDO RAM (Extended Data Output Random Acces Memory), FPM memory (Fast Page Mode Memory), SDRAM (Syncronus Dynamic Random Acces Memory), SRAM (Static Random Acces Memory), VRAM (Video Random Acces Memory), dan RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory).

Dari sekian banyak tipe RAM, yang biasanya kita kenal adalah SDR-SDRAM dan DDR-SDRAM. SDRAM adalah memory yang dapat mengakses data lebih cepat dari EDORAM. Bentuk SDRAM adalah Dual Inline Memory Module (DIMM). Slot memory pada mainboard pentium adalah 168 pin. Sedangkan DDR-SDRAM adalah memory yang dapat mengakses data lebih cepat dua kali dari SDRAM.