Komputer/Komputer dekstop atau Personal Komputer (PC) adalah sekumpulan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang saling berhubungan dan bekerja sama yang dapat digunakan sebagai alat hitung, pengolah data, dan memberikan informasi.

Untuk melakukan perhitungan, pengolahan data, maupun pemberian informasi harus ada yang mengendalikan dan mengoperasikan komputer. Dalam istilah komputer, yang mengendalikan dan mengoperasikan komputer disebut brainware. Brainware adalah manusia atau user/pengguna.

Hardware atau perangkat keras komputer adalah perangkat komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Agar komputer bisa mmberikan hasil yang optimal, maka komputer harus mempunyai hardware yang berfungsi sebagai masukan (input), pemroses, dan keluaran (output).

Hardware yang berfungsi sebagai masukan adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menerima/memasukkan (I/O) data yang akan diolah komputer.

Hardware yang berfungsi sebagai pemroses adalah perangkat keras yang dapat mengolah data dari masukan dan diterjemahkan menjadi data yang siap untuk dikeluarkan.

Hardware yang berfungsi sebagai keluaran adalah perangkat keras yang dapat menampilkan data hasil dari proses yang dapat dimengerti dan dipahami secara fisik.

1.1 HARDWARE UTAMA

Setelah penjelasan mengenai hardware di atas kita menjadi tahu untuk merakit komputer yang siap digunakan, maka hardware minimal yang dibutuhkan adlah hardware masukkan, pemroses, dan keluaran.

Oleh sebab itu mari kita mengenal satu per satu hardware utama untuk membangun sebuah komputer beserta kegunaanya.

Dalam merakit sebuah komputer, minimal hardware yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. Processor

2. Mainboard

3. Memory

4. Card

5. Media Penyimpanan

6. Chasing dan Power Supply

7. Monitor

8. Keyboard dan Mouse

1.1.1 PROCESSOR


Processor adalah otak atau pusat pengendali komputer yang menjadi tenaga pelaksana dari seluruh eksekutif  perintah ataupun program.

Processor sendiri mempunyai tiga bagian yang masing-masing mempunyai kegunaan. Pertma adalah Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi sebagai pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem komputer. Kedua adalah Control Unit  (CU) yang berfungsi untuk mengatur semua lalu lintas data maupun perhitungan yang dilakukan oleh processor . Ketiga adalah Memory Unit (MU) yang berfungsi sebagai unit pendukung, dimana perintah-perintah yang sering digunakan oleh pocessor akan disimpan sementara pada bagian ini.

Tentu jika kita ingin membeli sebuah processor maka yang menjadi salah satu pertimbangan adalah kecepatan processor.

Sebenarnya kecepatan processor adalah internal clock dari sebuah processor artinya kecepatan tersebut merupakan clock yang bekerja secara internal ketika  processor melakukan eksekusi peintah-perintah.

Car untuk menentukan kecepatan processor adalah dengan :

Internal clock = FSB x clock ratio

Keterangan:

Internal clock      : Kecepatan Processor

FSB                           : External clock

Clock ratio             : Multiplier atau faktor pengali

FSB dari masing-masing processor tentu berbeda-beda tergantung dari jenis processor.

Macam Merk Processor:

Sebenarnya merk processor trbilang banyak hanya saja merk yang terkenal dan biasa digunakan di indonesia adalah merk Intel (Athlon, Duron, Sempron, Athlon 64, dan sebagainya).

1.1.2 MAINBOARD

Mainboard atau yang sering disebut motherboard merupakan papan itama sabagai tempat komponen-komponen agar buisa saling berinteraksi. Tempat meletakkan beberapa komponen, seperti processor, memory, chace, video card, sound card, dan lain-lain.

Suatu motherboard PC berisikan lusinan komponen seperti Chipset, ROM BIOS, Memory Chips, Slot, Expansi, dll.

CHIPSET

Berfungsi sebagai interface antara trafik dan kontrol aliran informasi ke dalam komputer. Mengontrol informasi pengaksesan processor ke memory, chace, mengalirkan data ke dan dari device (alat) lain.

Pada Motehrboard chipset terbagi menjadi 2 yaitu North Bridge dan South Bridge. North Bridge, berfungsi mengatur jrnis processor, mengatur kecepatan memory dan sejenisnya, menjamin support AGP, dan bandwidth pada bus datanya. Sedangkan South Bridge berfungsi mengatur kecepatan transfer harddisk, dukungan peripheral interface USB, firewire, dukungan terhadap onboard soundcard dan modem, dukungan integrated terhadap I/O, dan hardware monitoring.

BIOS

Basic Input Ooutput System (BIOS) merupakan level program paling dasar, fungsinya untuk mengenali sistem device yang ada di motheroard serta operating system yang digunakan BIOS berjalan saat komputer dijalankan, dan akan memeriksa sistem.

SLOT EXPANSI

Pada umumnya semua jenis Motherboard terdapat slot expansi ysng mana slot ini digunakan untuk memasang card yang dipakai untuk aksesoris tambahan yang diperlukan sebagai perluasan pemakaian komputer yang dewasa ini makin dikembangkan. Macam-macam slot expanded yang sering digunakan saat ini yaitu:

Slot ISA (Industri Standart Architecture), biasanya digunakan oleh PC model lama. Tipe slot ini yaitu 8bit, kecepatan transfer ratenya 0,625 MB/sec.

Sot PCI (Peripheral Components Inteerconnect), menggunakan 47 pin dan kecepatan transfer datanya 264 MB/sec. Slot ini biasanya digunakan untuk Sound Card, Vga Card, Lan Card, dll.

Slot AGP (Adapter Graphic Peripheral), biasanya digunakan untuk VGA, kecepatan transfernya lebih tinggi dibandingkan dengan PCI. Teknologi AGP (2x, 4x 6x, 8x).